Berbagai Macam Cara Aman Mencegah Kehamilan

Posted by Ali Sadikin

Dewasa ini, banyak pasangan muda yang sengaja menunda kehamilan karena beberapa alasan, seperti misalnya: masih ingin menikmati masa- masa pacaran sebagai suami istri, masih ingin berkarir, alasan finansial, dll. Biasanya, mereka menggunakan Cara Aman Mencegah Kehamilan agar ketika suatu saat pasangan suami istri tersebut sudah siap, mereka bisa dengan mudah memiliki anak. Apa saja metode yang umumnya digunakan oleh para pasangan muda yang ingin menunda untuk memiliki momongan?
  1. Sistem Kalender
    Cara ini adalah yang paling banyak dilakukan oleh pasangan muda yang ingin menunda kehamilan tanpa harus mengalami risiko serius. Sistem kalender, disebut sebagai Cara yang alami. Pada cara tersebut, seorang istri hanya perlu mengetahui tanggal berapa ia datang bulan. Sesaat setelah selesai datang bulan adalah masa subur, dan ketika pasangan suami istri tersebut ingin melakukan pembuahan, maka sebaiknya dilakukan di luar atau tidak melakukan hubungan suami istri.
    Sekalipun tergolong alami dan bisa dilakukan siapa saja, namun sistem kalender memiliki kelemahan. Bila siklus datang bulan tidak teratur, maka potensi untuk terjadi kehamilanpun akan sangat besar. Namun, bila siklus datang bulan teratur, sistem kalender biasanya berhasil.
  2. Menggunakan Kondom
    Cara Aman Mencegah Kehamilan berikutnya adalah dengan menggunakan kondom. Meski begitu, ada beberapa pasangan terutama wanita yang kurang nyaman bila menggunakan cara ini. Sekalipun kemungkinan untuk hamil memang bisa diminimalisir, namun ada beberapa kasus juga di mana pasangan masih tetap bisa memiliki anak sekalipun sudah memilih cara tersebut.
  3. Menggunakan Pil KB
    Pil KB menjadi Cara berikutnya yang banyak dipakai untuk menunda kehamilan. Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa pil KB bisa membuat seorang wanita tidak bisa memiliki anak. Namun, hal tersebut tidaklah serta merta benar. Tentu sebelum mengkonsumsi pil KB jenis tertentu, pasangan suami istri dulu harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
  4. Tidak Berhubungan Ketika Masa Subur
    Cara yang paling minimal risikonya adalah dengan tidak berhubungan suami istri selama masa subur. Apalagi bila siklus datang bulan teratur, maka seharusnya sang istri tahu kapan masa subur dan non subur. Cara ini adalah cara yang paling alami menunda kehamilan.
Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah kehamilan. Anda dapat melakukannya dengan cara-cara alami atau memilih untuk menggunakan obat- obatan seperti pil KB atau alat kontrasepsi lainnya. Namun demikian, sebelum pasangan suami istri memutuskan Cara Aman Mencegah Kehamilan seperti apa yang cara- cara yang sudah dituliskan di atas, ada baiknya bila mereka berkonsultasi pada dokter atau bidan.

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar