Manfaat Puasa Bagi Pasien Kanker Payudara

Posted by Ali Sadikin

Kesehatan merupakan hal yang harus dijaga. Kesehatan yang baik akan membuat kita dapat menikmati hidup dengan baik. Dengan kesehatan yang baik, kita dapat melakukan berbagai aktivitas. Bila kita sehat, kita dapat menikmati berbagai hal dengan nyaman, seperti makan kita tidak perlu harus menjaga pola makan atau menghindari jenis makanan tertentu. Namun, kita harus ingat bahwa menjaga pola makan sehat merupakan awal hidup sehat. Begitu pula dengan berpuasa. Berpuasa ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berpuasa adalah tidak makan dan minum selama beberapa waktu, atau dapat juga dikatakan berpuasa adalah tidak mengkonsumsi suatu jenis makanan tertentu selama beberapa lama. Berpuasa baik untuk kesehatan, dan bermanfaat untuk tubuh.

Manfaat Puasa Bagi Pasien Kanker Payudara

Puasa memiliki banyak kebaikan bagi tubuh, antara lain membersihkan racun-racun dalam tubuh, melancarkan metabolisme tubuh, meningkatkan kesehatan fisik dan psikis, meremajakan sel tubuh, meningkatkan imunitas (kekebalan tubuh) terhadap penyakit, dan membuat tubuh lebih bugar. Dengan puasa, sistem pencernaan dalam tubuh istirahat, dan energi yang ada digunakan untuk memperbaiki sel tubuh, membersihkan racun dalam tubuh (detoksifikasi) secara alami, menghambat penuaan sel-sel tubuh, dan menyembuhkannya. Telah kita ketahui begitu banyak manfaat yang didapatkan dari berpuasa. Namun, apakah anda mengetahui bahwa berpuasa juga bermanfaat bagi para penderita kanker, khususnya pasien kanker payudara? Ada banyak manfaat puasa bagi pasien kanker payudara. Pasien kanker payudara mungkin telah melakukan banyak pengobatan untuk mematikan dan menghambat sel-sel kanker berkembang dan menyebar, misalnya dengan melakukan operasi pengangkatan sel kanker, kemoterapi, radioterapi, dan terapi hormon. Namun, jika pasien juga melakukan puasa, maka pasien juga mendapat manfaatnya. Berdasarkan penelitian, dengan puasa akan memperlambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh, dan penyebarannya. Hal itu semakin efektif, bila pasien melakukan puasa dan melakukan pengobatan dengan kemoterapi. Saat ini, penelitian tentang puasa dan hubungannya dengan kanker masih terus dilakukan. Namun, perlu diperhatikan bagi pasien yang telah mengalami kehilangan berat badan atau memiliki penyakit lainnya, berpuasa mungkin dapat membahayakan tubuhnya.

Manfaat Puasa Bagi Pasien Kanker Payudara Dalam Hubungannya Dengan Pola Hidup Sehat

Berpuasa juga berhubungan dengan pola hidup sehat. Dengan berpuasa, kita dituntut untuk membatasi konsumsi makanan atau minuman yang dapat merugikan tubuh. Pola hidup sehat antara lain mengkonsumsi makanan yang rendah lemak, tinggi serat, dengan gizi seimbang, olahraga teratur, sehingga hal tersebut sangat baik untuk pasien kanker payudara.

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar