Pencegahan Kanker Payudara Sejak Dini

Posted by Ali Sadikin

Penyakit kanker merupakan penyakit yang sangat ditakuti baik laki-laki juga perempuan. Penyakit kanker khususnya kanker payudara merupakan penyakit yang paling banyak diderita kaum perempuan. Berbagai penelitian di bidang kedokteran terus dilakukan untuk dapat menemukan obat yang efektif untuk membunuh, dan menghambat penyebaran sel kanker. Selain itu, berbagai tanaman diteliti untuk mendapatkan zat aktif yang dapat membunuh bahkan mencegah sel kanker berkembang. Hal tersebut tidaklah salah, namun alangkah baiknya bila kita dapat mencegah kanker untuk berkembang dalam tubuh. Lalu, bagaimana cara pencegahan penyakit kanker sejak dini, khususnya kanker payudara?

Pencegahan Kanker Payudara Sejak Dini Dengan Pola Hidup Sehat

Pencegahan kanker sejak dini dapat dimulai dengan pola hidup sehat. Begitu pula pencegahan kanker payudara sejak dini tidak berbeda dengan pencegahan penyakit kanker lainnya. Pola hidup sehat adalah pola hidup yang meliputi pola makan dengan gizi seimbang, dan gaya hidup yang mendukung kesehatan tubuh. Pola makan dengan gizi seimbang adalah pola makan yang memenuhi semua unsur gizi, baik makronutrien juga mikronutrien. Selain itu, gaya hidup sehat untuk pencegahan kanker payudara sejak dini adalah tidak merokok, tidak minum alkohol, tidak terpapar radiasi, tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat berbahaya contohnya zat pengawet, pewarna, pemanis, MSG, makanan kaleng, dan fast food.

Pencegahan Kanker Payudara Sejak Dini Dengan Olahraga dan Sadari

Olahraga baik untuk menjaga kesehatan bagi yang sehat, namun ternyata olahraga bagi yang menderita penyakit kanker khususnya kanker payudara juga bermanfaat. Dengan olahraga secara teratur maka berat badan dapat terjaga. Olahraga dapat dilakukan selama kurang lebih 30 menit. Olahraga dapat membuat tubuh lebih sehat dan bugar, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena metabolisme tubuh lebih lancar. Selain itu, dengan olahraga, hormon tubuh dapat terjaga keseimbangannya. Selain olahraga pencegahan kanker payudara sejak dini dapat melalui pemeriksaan payudara sendiri atau sadari. Pemeriksaan payudara sendiri dapat dilakukan dengan mudah. Biasakanlah untuk memeriksa payudara secara rutin, karena berdasarkan informasi perempuan yang menemukan benjolan di payudara mereka sendiri dengan sadari sekitar 85 %, dan sisanya 15 % menemukan benjolan di payudara saat mereka memeriksakan diri ke dokter. Lakukan sadari secara rutin untuk mengenali dan mendeteksi secara dini adanya kanker payudara. Karena semakin cepat terdeteksi adanya benjolan pada payudara, maka semakin besar kemungkinan untuk sembuh dari ganasnya kanker payudara. Dan bagi penderita kanker payudara, kunci kesembuhannya yaitu selalu berpikir positif dan tetap bersemangat.

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar